Gue bangat.....

Ni asli gue bangat, bukan orang lain atau bayang bayang gue.
tapi bukan ni gue yang seluruhnya, masih banyak sisi sisi pribadiku, sisi atas, bawah, samping kiri, samping kanan, samping agak kiri kekanan, dan samping agak kanan kekiri......! lain lagi kalau sedang mood, marah, sedih, dan emosional lainnya, kalo bulan purnama, siang, malam, pagi ataupun sore hari. Lain hari senin, lain selasa, lain Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu dan Minggu. Kalo dicampur adukkan itulah saya. Temboel Paroelian Poerba.

Kamis, 05 April 2018

Bulan Sinodis dan Bulan Sideris

Bulan mengelilingi bumi dari arah Barat ke Timur dengan satu kali revolusi penuh, bulan memerlukan waktu rata-rata 27 hari 7 jam 43,2 menit. Para ahli astronomi mengakui adanya dua jenis bulan, yaitu:
  1. Bulan Sinodis, yaitu fase orbit bulan selama 29,5 hari. Sinodis yaitu waktu yang ditempuh bulan dari posisi sejajar (iqtiran) antara matahari, dan bumi ke posisi sejajar berikutnya.waktu iqtiran ditempuh rata-rata 29 hari 12 jam 44 menit 2,8 detik atau di bulatkan menjadi 29,5 hari.
  2. Bulan Sideris, yaitu fase orbit bulan selama 27,5 hari. Sideris yaitu waktu yang ditempuh bulan untuk kembali ke asalnya. Revolusi bulan ini dijadikan dasar bulan qomariyah, tetapi waktu yang dipergunakannya bukan waktu sideris melainkan waktu yang sinodis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar